Jumat, 07 Oktober 2011

Perbedaan CD R dan CD RW _ Part 2

Media penyimpanan data bergana / digital setidaknya terdapat tiga jenis. pertama adalah HDD, lalu CD/DVD dan flash disk atau thumb drive.
Media penyimpanan data yang dewasa ini sangat diminati oleh para pengguna media bergana adalah thumb drive / flash disk. thumb drive banyak digunakan karena dari segi harga yang relatif lebih murah, dimensi nya yang kecil, re-write able dan kapasitas penyimpanan yang besar. untuk para pengguna yang lebih menyukai koleksi file yang dapat disimpan dan tidak dapat diubah lagi, maka CD/DVD menjadi pilihan utama. sebagai contoh, pengguna media penyimpanan bergana yang ingin menyimpan data musik, gambar, video atau bahkan game lebih memilih menggunakan CD/DVD karena sifatnya yang lebih khusus, berbeda dengan thumb drive.

pada postingan ini, dibahas mengenai perbedaan CD R dan CD RW karena hubungannya dengan pengguna yang sering menggunakan jenis penyimpanan media ini untuk backup file atau koleksi data-data tertentu.

Compact Disk Recordable (CD R) merupakan pilihan utama untuk menyimpan data yang menjadi backup atau koleksi untuk data yang ukurannya tidak lebih dari 800MB. diameter dari CD R juga CD RW memiliki suatu aturan yaitu 12cm, sedangkan untuk lubangnya yaitu 2,1cm.
sifat dari CD R ini yaitu mampu me-record atau merekam data menggunakan CD RW ROM. sifat lain dari CD R ini yaitu setelah data direkam pada CD R, maka data tidak dapat dimodifikasi atau dihapus.

Proses perekaman data dilakukan oleh CD RW ROM. CD RW ROM menembakan laser dengan daya tertinggi untuk memodifikasi CD R sehingga data terekam pada CD R. setelah data terekam, maka data itu tidak dapat dimodifikasi, karena keterbatasan CD R yang tidak memiliki poly carbonate substrate.

Compact Disc Re-Writable (CD RW) memiliki kesamaan dalam segi dimensi dan kapasitas penyimpanannya dengan CD R. yang membedakannya adalah sifat dari CD RW yang mampu direkam ulang, bahkan sampai 1000 kali proses hapus-tulis. sifat dari CD RW ini didapat karena CD RW setidaknya memiliki lima lapis yaitu lapisan pelindung, lapisan pemantul, lapisan dielektrik, lapisan perekaman, pregroove dan substrat polycarbonat. lapisan tersebut merupakan campuran dari silver, indium, antimony and tellurium. sesuai dengan gambar dibawah.


Spoiler for lapisan CD RW:


pada gambar, terdapat lapisan pelindung yang membuat CD RW menjadi enam lapis pada aturan baku pembuatan CD R atau CD RW. agar dapat menggunakan fitur CD RW yang mampu tulis-hapus sampai 1000 kali, maka CD RW ROM akan bekerja dengan menggunakan tiga modus.
1. Daya laser tertinggi yang disebut daya tulis. modus ini menciptakan kondisi penyerapan pada lapisan perekaman / recording layer. kondisi penyerapan ini merubah data yang terdapat pada lapisan perekaman menjadi data baru yang ditulis sesuai oleh laser. pada proses ini, suhu laser mencapai 700 derajat celcius yang berguna untuk merekam data pada lapisan perekam.
2. Daya laser menengah disebut juga daya hapus. modus ini mencairkan lapisan perekam menjadi kondisi pemantul crystaline / reflective crystaline. untuk menghapus data dibutuhkan suhu laser yang mencapai suhu 200 derajat celcuis.
3. Daya laser rendah atau daya baca. modus ini tidak mempengaruhi bagian lapisan perekam, sehingga hanya akan membaca data pada lapisan ini.

selain perbedaan dari CD R dan CD RW, terdapat beberapa pilihan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis / merekam data pada CD R atau CD RW. pada lapisan pelindung CD R atau CD RW biasanya terdapat cetakan 32X atau 52X. cetakan tersebut maksudnya adalah kecepatan CD R merekam data. karena CD R atau CD RW yang tersedia di pasaran yaitu versi 80 min (minute), maka jika pengguna merekam data dengan kecepatan 1X, maka waktu yang diperlukan untuk merekam data sebesar 800MB ke dalam disk ini diperlukan waktu 1/1 x 80 menit = 80 menit. jika menggunakan kecepatan 52X, maka waktu yang diperlukan adalah 1/52 x 80 menit = 1.54 menit.

berdasarkan hasil pengamatan, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan CD R dan CD RW adalah pada sifatnya yang hanya recordable (satu kali menyimpan data, dan selamanya tidak dapat dimodifikasi) dan rewritable (menyimpan data dan dapat data dapat dimodifikasi sampai 1000x). perbedaan sifat tersebut karena CD RW memiliki lapisan lapisan pelindung, lapisan pemantul, lapisan dielektrik, lapisan perekaman, pregroove dan substrat polycarbonat, sehingga memungkinkan data untuk ditulis-hapus.

Referensi :
  1. http://www.americal.com/pg/cd-r-faq.html#12 
  2. http://www.pctechguide.com/cd-rewritable 
  3. http://ERIXTRONIKA.CO.CC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar